Sunday, July 19, 2009

CNOOC menyatakan untuk melakukan LNG expansion


Perusahaan pemerintah RRC, China National Offshore Oil Corporation berencana untuk mencapai kapasitas penerimaan hingga 50 mtpa (Million tonnes per annum) liquified natural gas (LNG) pada tahun 2020, demikian dikutip dari eksekutif perusahaan tersebut pada akhir minggu ini.

CNOOC, penghasil minyak lepas pantai terbesar Cina, menjalankan bisnis produksi minyak dan gas-nya melalui perusahaan terdaftar CNOOC Ltd.

Pengembang terdepan LNG dari CIna baru-baru ini memenangkan persetujuan untuk membangun terminal penerimaan LNG-nya yang keempat di sepanjang pantai Cina, yang dapat menambah kapasitas hingga 3 juta ton bahan bakar pertahun pada saat fasilitas tersebut siap pada tahun 2012.

Keempat terminal tersebut akan memiliki total kapasitas sekitar 12.3 juta ton per tahun pada saat fase pertama operasinya, menurut yang dilaporkan oleh Reuters.

"CNOOC, bersama dengan Sinopec dan PetroChina, akan meningkatkan produksi minyak mentahnya di Bohai Sea menjadi 52 juta ton pada 2020 dimana sebelumnya kurang dari 20 juta ton pada tahun 2007," Zhou Shouwei, deputi general manager CNOOC, yang dikutip oleh badan berita nasional Xinhua pada saat mengatakannya di suatu forum.

"CNOOC akan bertanggung jawab untuk 4/5 dari output tersebut."
Output yang diharapkan oleh 3 perusahaan minyak tersebut dari lapangan Bohai akan memenuhi produksi puncak di Daqing, lapangan minyak terbesar di Cina, yang telah terlihat penurunan produksinya pada beberapa tahun, namun demikian CNOOC akan menambah juga 10 milyar yuan investasi pada pengeboran laut dalam di Laut Cina Selatan untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi gas-nya hingga 40 - 50 billion cubic metres per annum pada tahun 2020, Zhou mengatakan

LNG Project di Laut Bohai dan Laut Cina Selatan akan membuat tiga "lapangan offshore Daqing", Zhou mengatakan hal tersebut pada laporan yang ditulis di Xinhua website.

CNOOC telah berkomitmen untuk berinvestasi sekitar 20 milyar yuan di kota Zhuhai sebelah selatan provinsi Guangdong untuk membuat beberapa fasilitas termasuk sebuah gas terminal dan peralatan engineering untuk laut dalam.


www.upstreamonline.com

No comments:

Post a Comment